Sabtu, 14 Januari 2017

Fitur Terbaru Dari Youtube, Bersaing dengan Bigo Live


Tulisanterkini.web.id.pada 12 januari 2017 yang lalu youtube kembali mengeluarkan sebuah fitur yang memungkinkan pendapatan tambahan untuk para pembuat video di platform mereka. Dengan fitur tersebut, para penonton siaran langsung di YouTube bisa membuat sebuah komentar yang akan terus berada di posisi teratas, dengan cara membayar sejumlah uang kepada sang pembuat video.

Untuk menggunakan fitur tersebut, kamu hanya perlu menekan tombol bertanda mata uang dolar yang akan muncul ketika kamu tengah menonton siaran langsung. Setelah itu, kamu harus memilih jumlah uang yang ingin kamu berikan kepada penyiar tayangan tersebut.

Semakin banyak uang yang kamu berikan, maka komentar kamu akan berada di posisi teratas dalam waktu lebih lama, serta semakin banyak pula karakter yang bisa kamu masukkan ke dalam komentar tersebut. YouTube hanya menetapkan batas waktu maksimal lima jam bagi sebuah komentar untuk tetap berada di posisi atas.

Pada akhir Januari 2017, fitur Super Chat akan tersedia bagi para pembuat video di dua puluh negara, dan bisa disaksikan oleh para pengguna YouTube di empat puluh negara. Bersamaan dengan peluncuran fitur tersebut, YouTube pun menutup sebuah fitur serupa bernama Fan Funding yang menurut mereka tidak begitu sering dimanfaatkan para penggunanya.
Akankah menyaingi Bigo Live?
Sekilas konsep pemberian uang untuk para penyiar tayangan langsung di YouTube ini begitu mirip dengan yang ada di aplikasi live streaming lainnya, seperti Bigo Live, Nonolive, 17, hingga Kitty Live.

Komentar dari para pemberi uang di berbagai aplikasi live streaming tersebut memang tidak akan muncul di posisi teratas seperti yang dilakukan YouTube. Namun, setiap kali mereka memberi uang, akan muncul sebuah pemberitahuan berbentuk animasi dan nama mereka pun akan masuk ke dalam daftar pemberi uang terbanyak (leaderboard) untuk sang penyiar.

Tujuan dari pembuatan fitur Super Chat di YouTube ini pun sama dengan fitur pemberian uang di aplikasi live streaming seperti Bigo Live, yaitu agar si penonton bisa mendapat perhatian lebih dari sang penyiar. Hal ini diakui sendiri oleh Barbara Macdonald, Product Manager dari YouTube.

“Dengan fitur Super Chat, seorang penyiar tayangan langsung bisa melihat pesan-pesan yang masuk, dan memprioritaskan penggemar terbesar mereka saat menyiarkan video tersebut,” ujar Barbara di blog resmi YouTube.

Menarik untuk ditunggu apakah fitur Super Chat ini akan mendorong para penyiar di aplikasi live streaming seperti Bigo Live untuk beralih ke YouTube, atau justru hanya akan menjadi fitur lain dari YouTube yang tidak berkembang seperti Fan Funding.


EmoticonEmoticon